Link sponsor

Kamis, Mei 28, 2009 20.58

Robot Penyelamat Gempa Bumi Jepang

Kita semua pasti tahu bahwa Jepang adalah negara dengan teknologi termaju saat ini. Apalagi robot-robot dari Jepang yang sudah sangat terkenal di Mancanegara dengan keahliannya masing-masing. Ada robot pemadam kebakaran, robot pengasuh anak, dll.

Sekarang sudah ada robot penyelamat gempa bumi yang diciptakan oleh para peneliti Jepang dengan Norihiko Saga dari Akita Prefectural University di Japan, sebagai pemimpin proyek robot ini. Robot ini berbentuk seperti ulat yang bisa merayap, memiliki kemampuan untuk menolong korban-korban gempa bumi atau gedung roboh yang terperangkap di bawah puing-puing.

Robot ini berukuran hanya beberapa centimeter sehingga bisa digerakkan untuk memasuki celah-celah kecil. Selain dilengkapi lampu dan kamera, ulat pencari itu bisa juga dipasangi berbagai macam sensor untuk mengukur berbagai hal --seperti tingkat radioaktif atau kadar oksigen-- sehingga para penyelamat dapat menentukan apakah daerah tersebut cukup aman bagi manusia.

Robot itu bergerak dengan proses yang serupa dengan gerakan peristaltik, yaitu kontraksi berirama seperti kinerja otot dalam tubuh atau seperti proses masuknya makanan ke dalam usus. Saga membuat ulat itu dari serangkaian kapsul karet yang diisi cairan magnetik sINDX.

Anda dapat melihat video robot penyelamat gempa bumi di bawah ini.

0 Comments On "Robot Penyelamat Gempa Bumi Jepang"

Bookmark

Powered By Blogger
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
100 Blog Indonesia Terbaik