Link sponsor

Senin, Juni 08, 2009 22.19

Jembatan Terpanjang di Indonesia


Jembatan Suramadu telah selesai dibangun dan akan diresmikan penggunaanya hari ini 10 Juni 2009 oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia yaitu sepanjang 5,5 kilometer.
Sehari jelang peresmian Jembatan Suramadu, ratusan anggota Forum Masyarakat Madura menggelar tasyakuran atau syukuran. Acara berlangsung di gerbang kendaraan roda dua Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/6) sekitar pukul 09.00 WIB. Acara dipusatkan di Kabupaten Bangkalan, Madura.
Bila sudah dioperasikan, jembatan penghubung Surabaya dan Pulau Madura ini diperkirakan akan menggenjot pertumbuhan ekonomi Madura hingga 4,48 persen. Manfaat dari penggunaan jembatan ini sangat banyak untuk selengkapnya dapat dibaca di sini.

Jembatan Suramadu kini telah tuntas seratus persen. Rambu-rambu, marka jalan, dan pembangunan loket tiket Tol Suramadu telah siap dilewati. Kedatangan Presiden dan sejumlah tamu undangan nantinya akan disambut iring-iringan lagu mars Suramadu dan kolaborasi seni tari Madura dan Surabaya.
Pascaperesmian, operator tol diserahkan pengelolaannya kepada Jasa Marga selama 18 bulan. Kemungkinan tarif tol dikenakan sebesar Rp 2.500 untuk motor dan Rp 35.000 untuk mobil. Namun keputusan resminya baru akan diumumkan Menteri Pekerjaan Umum sebelum peresmian. Jembatan Suramadu diperkirakan akan menambah pertumbuhan ekonomi Madura hingga 4,48 persen. Terkait dengan itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menambahkan berbagai fasilitas penunjang.
Untuk penggunaanya pertama kali dilakukan uji coba selama satu minggu yang dilakukan oleh masyarakat dengan gratis.
Untuk artikel selengkapnya dapat anda baca di situs http://www.suramadu.com/.

Anda dapat melihat animasi jembatan suramadu melalui video di bawah ini.


0 Comments On "Jembatan Terpanjang di Indonesia"

Bookmark

Powered By Blogger
Page copy protected against web site content infringement by Copyscape
100 Blog Indonesia Terbaik